Uncategorized

MOOC : Belajar Di Universitas Berkelas Dunia


Seringkali saya mengulang – ulang kalimat ini dalam setiap kesempatan, bahwa

Satu-satunya yang mahal dalam belajar adalah”niat”.

albert-einstein-quote-i-never-teach-my-pupils-i-only-provide-the-conditions-in-which-they-can-learn-amazingSetelah kita mendapatkan niat, maka tidak ada yang mahal dalam jalan mencari ilmu. Setelah kita mendapatkan niat, maka Allah akan memudahkan segala hal yang mulanya sulit. Saya pernah menceritakan bagaimana Bambang Ekalaya mampu mengalahkan Arjuna meskipun ia tidak belajar dari seorang guru secara formal sebagaimana yang dilakukan oleh Arjuna yang belajar kepada resi Durna di Padepokan Soka Lima.

Ekalaya adalah seorang otodidak sejati. Sesakti-sakti dan se-cumlaude-cumlaude-nya Arjuna — yang belajar dengan fasilitas yang sudah ada, infrastruktur tersedia, guru yang ada akan tetap  kalah tanding dengan seorang Ekalaya yang tidak mempunyai akses   fasilitas, infrastruktur, dan guru namun masih sanggup dan teguh untuk belajar.

Semenjak beberapa tahun, saya sedang melakoni tirakat seorang Ekalaya, yang di dalam hutan rimba melakukan olah kridhaning jemparing. Tirakat ini  bukanlah proses yang mudah, ketekunan dan pantang menyerah adalah motor penggerak agar proses ini terus berjalan, sebagaimana halnya yang Einstein pernah katakan

It’s not that I’m so smart, it’s just that I stay with problems longer 

Darimana resources untuk belajar bisa didapatkan? Ada banyak bahan yang bisa kita pelajari jika memang kita punya kehendak belajar. Terlebih beberapa tahun ini sudah mulai tren yang disebut kursus online, salah satu modelnya  adalah  adalah MOOC.  Apa itu MOOC? MOOC singkatan dari Massive Open Online Course (MOOC). Ia adalah adalah sistem pembelajaran berupa kursus online yang diadakan secara massive dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas dan dapat diakses melalui web.

Selain menyediakan materi kursus tradisional seperti video, pembacaan dan pembahasan masalah, MOOCs juga menyediakan forum pengguna interaktif yang membantu dalam membangun komunitas untuk mahasiswa, dosen, dan asisten pengajar (TA). MOOCs merupakan perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh (e-Learning).

Jumlah dan jenis kursus yang ditawarkan tanpa biaya , baik dalam bahasa Inggris dan Internasional maupun dalam bahasa lokal, namun dapat diikuti dari mana saja. Beberapa yang saya ikuti adalah sebagai berikut

  • : Sebuah Platform MOOC komersial terkemuka dari AS. Berdasarkan data bualan September 2013 telah terdaftar tidak kurang dari 17 juta peserta didik di Coursera, yang berasal dari 190 negara dan jumlah siswa 240.000. Para peserta didik berdiskusi dalam 590.000 threads membasas pembelajaran sebanyak 251.987.004 menit dari 440 jenis kursus.
  • : merupakan platform e-learning kolaborasi terbuka dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University.

MOOC adalah salah satu cara bagaimana kita bisa belajar tanpa harus duduk di bangku kuliah berlama – lama. Ya, itu hanya sebuah cara. Masih banyak cara menuju roma. masih banyak hal yang bisa ditempuh untuk mempelajari berbagai hal dalam samudera ilmu tak bertepi ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.